No Image Available

Menulis Artikel Ilmiah Itu Mudah

 Penulis: Dr. Panca Dewi Purwati, dkk  Category: Non Fiksi  Publisher: Wedangjae  Telah Terbit: September 26, 2022  ISBN: 978-623-97080-2-3  Tags: artikel ilmiah |
 Deskripsi:

Buku Menulis Artikel Ilmiah Itu Mudah ini disajikan agar pembaca, guru khususnya, yang sedang atau ingin menulis artikel ilmiah memperoleh bantuan untuk belajar secara mandiri. Sebagai tanggung jawab profesi seorang guru wajib mengetahui seluk-beluk tentang penelitian dan dan hal-hal yang berkaitan dengan kegiatan tersebut.

Pada beberapa pelatihan menulis, khususnya yang menerapkan model CIRC (Cooperatif Integrative Reading and Composition), maka peserta disuguhi panduan pelatihan dan bimbingan prapelatihan berupa pemberian beberapa link jurnal yang dapat dijadikan sumber pustaka untuk dibaca dan diamati. Bukuini berisi materi tentang karya ilmiah yang dapat memperluas wawasan penulisan artikel ilmiah.

Contoh artikel-artikel dalam buku setidaknya memberikan contoh riil. Bila anda belum terbiasa menulis artikel ilmiah, maka ATM (Amati, Tiru, dan Modifikasi) adalah strategi termudah yang dapat dilakukan. Lebih lanjut dalam buku ini berisi panduan agar Ibu/Bapak Guru dapat menghasilkan teks artikel ilmiah sesuai dengan masalah yang dipecahkannya.

Buku memberikan informasi tentang jenis penelitian, reproduksi laporan hasil penelitian, struktur artikel, soal-soal untuk berlatih, dan evaluasi akhir. Sewaktu membaca buku ini secara mandiri, pembaca dipersilakan mengerjakan latihan-latihan yang sudah tertera didalamnya. Latihan tersebut gunanya untuk menggali potensi anda dalam memproduksi artikel. Apabila buku ini sudahAnda pelajari, silakan terapkan untuk mengerjakan evaluasi akhir berupa teks ilmiah.

Untuk menjadi pembaca artikel ilmiah sangat mudah. Untuk menjadi seseorang yang suka menulis artikel ilmiah awalnya perlu perjuangan keras sebelum nantinya akan menemukan kemudahannya. Yakinlah bahwa Ibu/Bapak akan mampu mewujudkan artikel buatan sendiri! Jadilah Guru Indonesia yang berkarakter!


 Kembali