PTK : Peningkatan Kompetensi Identifikasi Isi Novel Remaja Melalui Penerapan MIINOLITRA pada Siswa VIII-E SMP Negeri 33 Semarang Semester Genap TA 2015/2016

Abstrak:
Tiga tujuan
yang akan dicapai berdasarkan
permasalahan
dalam penelitian ini: 1)
mendeskripsi karakteristik model pembelajaran miinolitra,
2) mengidentifikasi
peningkatan
hasil pembelajaran;
dan 3)
mendeskripsi
perubahan perilaku siswa dalam proses pembelajaran mengidentifikasi isi novel
dengan menerapkan
model
tersebut pada siswa
kelas VIIIE SMP Negeri 33 Semarang
.
Pendekatan yang
digunakan adalah penelitian tindakan kelas
.
Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Hasil pembelajaran diketahui nilai rerata kelas 66,58 pada tahap prasiklus (tuntas 16
siswa), sebesar
76,56 pada siklus I (tuntas 24
siswa),
dan siklus II reratanya
77,88 (tuntas 28
siswa)
. Hal ini
menunjukkan terjadi peningkatan prestasi siswa sebesar 11,30. Perilaku
ingin tahu, kooperatif, mandiri, dan
keinginan berprestasi
siswa juga mengalami peningkatan. Berdasarkan hasil pengamatan dan
analisis jurnal
diketahui bahwa skor perilaku siswa pada siklus I sebesar 4,25
(kategori baik), dan siklus II 4,30

(kategori baik)
.
Kata Kunci: model
miinolitra,
mengidentifikasi
isi novel
, genre
sastra
, siswa SMP. 
Penulis : Dr. Panca Dewi Purwati, M.Pd
Pegiat Komunitas Wedangjae 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *