Abstrak:
Tiga tujuan
yang akan dicapai berdasarkan permasalahan
dalam penelitian ini: 1) mendeskripsi karakteristik model pembelajaran miinolitra,
2) mengidentifikasi peningkatan
hasil pembelajaran; dan 3)
mendeskripsi
perubahan perilaku siswa dalam proses pembelajaran mengidentifikasi isi novel
dengan menerapkan model
tersebut pada siswa
kelas VIIIE SMP Negeri 33 Semarang.
Pendekatan yang
digunakan adalah penelitian tindakan kelas.
Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Hasil pembelajaran diketahui nilai rerata kelas 66,58 pada tahap prasiklus (tuntas 16
siswa), sebesar 76,56 pada siklus I (tuntas 24
siswa), dan siklus II reratanya
77,88 (tuntas 28
siswa). Hal ini
menunjukkan terjadi peningkatan prestasi siswa sebesar 11,30. Perilaku ingin tahu, kooperatif, mandiri, dan
keinginan berprestasi siswa juga mengalami peningkatan. Berdasarkan hasil pengamatan dan
analisis jurnal diketahui bahwa skor perilaku siswa pada siklus I sebesar 4,25
(kategori baik), dan siklus II 4,30
(kategori baik).
Tiga tujuan
yang akan dicapai berdasarkan permasalahan
dalam penelitian ini: 1) mendeskripsi karakteristik model pembelajaran miinolitra,
2) mengidentifikasi peningkatan
hasil pembelajaran; dan 3)
mendeskripsi
perubahan perilaku siswa dalam proses pembelajaran mengidentifikasi isi novel
dengan menerapkan model
tersebut pada siswa
kelas VIIIE SMP Negeri 33 Semarang.
Pendekatan yang
digunakan adalah penelitian tindakan kelas.
Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Hasil pembelajaran diketahui nilai rerata kelas 66,58 pada tahap prasiklus (tuntas 16
siswa), sebesar 76,56 pada siklus I (tuntas 24
siswa), dan siklus II reratanya
77,88 (tuntas 28
siswa). Hal ini
menunjukkan terjadi peningkatan prestasi siswa sebesar 11,30. Perilaku ingin tahu, kooperatif, mandiri, dan
keinginan berprestasi siswa juga mengalami peningkatan. Berdasarkan hasil pengamatan dan
analisis jurnal diketahui bahwa skor perilaku siswa pada siklus I sebesar 4,25
(kategori baik), dan siklus II 4,30
(kategori baik).
Kata Kunci: model
miinolitra, mengidentifikasi
isi novel, genre
sastra, siswa SMP.
miinolitra, mengidentifikasi
isi novel, genre
sastra, siswa SMP.
Penulis : Dr. Panca Dewi Purwati, M.Pd
Pegiat Komunitas Wedangjae